Jagat Berita Teknologi Terkini

Tips dan Cara Menghemat Baterai iPhone


Jagat Android, Tips dan Cara Menghemat Baterai iPhone - Baterai low bat memang sangat menjengkelkan, tetapi hal tersebut bisa anda akali dengan cara-cara tersebut di bawah. Dimana iPhone memang diklaim memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dibanding jajaran perangkat Android. Namun tetap saja, sebagai sebuah smartphone dengan frekuensi penggunaan yang tinggi, iPhone yang berjalan di atas sistem operasi iOS besutan Apple ini pun tergolong 'haus' daya.

Namun tenang saja, untuk menghemat daya baterai handset iPhone sebenarnya Anda hanya cukup melakukan sejumlah langkah yang sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan, Anda pun tak perlu mengunduh aplikasi-aplikasi khusus penghemat daya baterai yang telah jamak tersedia di App Store.

Ingin tahu bagaimana caranya? Simak 5 langkah mudah menghemat daya baterai iPhone versi tim Tekno Liptan6.com berikut ini.


1. Matikan fitur push email
Ada baiknya sesekali Anda membiarkan gadget Anda 'menganggur'. Sejenak mematikan fitur push email cukup efektif dalam menghemat daya baterai. Memang, konsekuensinya Anda tidak akan menerima email secara real time, jadi jangan lakukan hal ini bila Anda memang sedang dalam keadaan sibuk dan memerlukan email sebagai media berkomunikasi.

Namun bila sedang tak terlalu sering digunakan, maka tidak ada salahnya sesekali Anda mematikan fitur push email pada perangkat iPhone Anda.


2. Matikan layanan berbasis lokasi
Mematikan layanan berbasis lokasi adalah cara lain menghemat baterai. Fitur GPS dikenal sangat 'rakus' daya baterai. Jika Anda mematikan layanan ini, iPhone Anda akan lebih hemat baterai. Toh, Anda tak mungkin tersesat jika hanya bepergian pergi dari rumah menuju kantor bukan?


3. Download via WiFi, jangan 3G
Jika Anda perlu mengunduh sesuatu dengan file berukuran besar, misalnya update software, podcast, musik, video, atau apa pun, sebaiknya Anda mencari lokasi yang telah difasilitasi konektivitas Wi-Fi. Terlebih, mengunduh via koneksi WiFi akan lebih cepat sehingga daya baterai yang terpakai pun lebih sedikit. Selain itu, sirkuit radio untuk 3G cenderung lebih cepat menghabiskan daya ketimbang sirkuit WiFi.


4. Matikan notifikasi yang tak perlu
Setiap kali menerima sebuah notifikasi, layar iPhone Anda akan menyala untuk memberitahukannya. Menyalakan layar ini memerlukan sedikit daya baterai. Semakin banyak notifikasi yang Anda aktifkan, akan semakin banyak pula daya baterai yang digunakan. Jadi, aktifkanlah beberapa notifikasi yang memang benar-benar penting saja.


5. Kurangi penggunaan perangkat secara multitasking
Meskipun Apple mengklaim telah merancang sistem kerja multitasking yang hemat baterai pada iPhone, namun menjalankan sejumlah aplikasi secara bersamaan tetap saja menyita daya. Lebih baik gunakan aplikasi satu per satu, hal ini pun akan mempercepat akselerasi dan performa iPhone menjadi lebih efektif.

0 Komentar untuk "Tips dan Cara Menghemat Baterai iPhone"
Back To Top