Jagat Berita Teknologi Terkini

Istilah Root Pada Android

Jagat Android kali ini berbagi informasi mengenai istilah dalam android, yaitu Istilah Root Pada Android - Apakah kamu pengguna perangkat dengan sistem operasi Android? Jika iya, maka suatu saat pasti kamu akan mendengar istilah "root" dalam suatu percakapan. Atau mungkin kamu sudah pernah mendengarnya? Istilah ini memang sangat erat kaitannya dengan sistem operasi Android (dan OS berbasis Linux lainnya) sehingga memang cukup sering disebut dalam suatu percakapan. Nah kalau kamu adalah salah satu Newbie alias pengguna baru perangkat Android (seperti hal nya mimin sendiri) pasti kamu akan kebingungan tentang arti dari istilah ini. Tenang, tidak perlu panik, namanya juga newbie. Dulu mimin juga demikian :D

Mimin pertama kali mendengar istilah ini saat mimin ingin menggunakan aplikasi Link2SD untuk memindahkan aplikasi ke SD card dan menghapus beberapa bloatware untuk melegakan internal memory. Salah satu syarat untuk dapat menggunakan aplikasi ini dengan optimal adalah perangkat yang kita gunakan harus terlebih dahulu sudah di root. Maka seketika itu pula mimin bertanya ke beberapa teman yang lebih senior dan lebih paham soal Android tentang istilah tersebut sehingga mimin pun kini sudah mengetahui jawabannya.

 Nah untuk berbagi ilmu kepada para pemirsa sekalian, pada posting kali ini mimin memutuskan untuk membuat sebuah artikel tentang penjelasan singkat dari root pada Android. Fungsi root pada Android adalah untuk "membuka pintu" dan memberikan hak istimewa "SuperUser" (SU) kepada penggunanya, mirip seperti administrator pada OS Windows. Dengan demikian, pengguna dapat dengan leluasa untuk masuk dan mengutak atik sistem dengan metode yang artinya pengguna dapat melakukan berbagai kostumasi atau modifikasi sesuka hati.

Secara default, akses root sengaja tidak diberikan untuk mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh pengguna yang secara sengaja atau tidak telah merubah, memindahkan atau menghapus file pada sistem. Konon kabarnya, jika kita melakukan root pada perangkat yang kita miliki maka garansi yang berlaku pada perangkat yang kita miliki akan hangus sehingga memang tidak disarankan bagi para pemula. Meski demikian, pengguna dapat melakukan unroot untuk mengembalikannya seperti keadaan semula (sebelum di root). Beberapa kabar juga mengatakan bahwa perangkat yang sudah di root akan lebih rawan terkena virus. Meski demikian, sebagian besar pengguna Android tetap melakukan rooting pada perangkatnya untuk memaksimalkan potensi yang ada pada perangkat.

Nah mungkin itu saja yang bisa mimin jelaskan pada posting kali ini. Untuk penjelasan lebih lanjut soal kelebihan dan kekurangan root Android, kamu bisa membacanya pada posting kenapa Android harus di root? Temukan arti dari istilah lainnya pada artikel terkait yang berada di bawah tulisan ini. Semoga bermanfaat :D

Itulah artikel mengenai Istilah Root Pada Android, baca juga Pengertian Android di blog ini. Semoga bermanfaat

Tag : Android
Back To Top