Jagat Berita Teknologi Terkini

Tips Mengatasi Android Tidak Lambat atau Lemot

Jagat android kali ini share mengenai tips dan trik yaitu Masalah seperti mengapa Android menjadi sering ngelag atau lemot alias super lambat sekali. Anda para pengguna smartphone yang berbasis sistem android bisa membaca tips supaya Perangkat Android anda tidak lemot atau lambat.

Hal itu karena mereka kurang memahami bagaimana cara merawat perangkat yang mereka miliki. Namun saya tidak heran akan hal tersebut, karena tidak semua orang menguasai dan mengetahui seluk beluk dari gadget yang mereka miliki bukan? Saya pun demikian. Maka perlulah rasanya saya berbagi sedikit pengetahuan yang saya miliki serta beberapa tips yang mungkin berguna terutama bagi mereka yang baru mengenal atau menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android.

Salah satu faktor yang menyebabkan Android menjadi lemot adalah banyaknya aplikasi yang masih berjalan di background (dibelakang layar) sehingga aplikasi tersebut akan membebani kinerja CPU yang terus menerus bekerja serta kapasitas RAM yang penuh sehingga akan terasa berat saat menjalankan atau membuka aplikasi lainnya. Beratnya kerja perangkat tersebut secara tidak langsung juga akan berpengaruh pada kinerja baterai yang menyebabkan baterai menjadi boros serta akan meningkatkan suhu pada bagian dalam perangkat yang bersangkutan.

Nah salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah (atau meminimalisir) perangkat agar tidak lelet adalah dengan menutup aplikasi dengan benar karena dari yang saya lihat, banyak sekali pengguna yang salah saat menutup aplikasi sehingga membuat perangkatnya menjadi terbebani. Nah pada posting kali ini, Jagat Android akan membagikan tips sederhana tentang cara menutup aplikasi Android dengan benar agar perangkat tidak lemot. Berikut beberapa langkah mudahnya :

1. Setelah selesai menggunakan aplikasi, pastikan anda telah menutupnya dengan cara mencari dan menggunakan menu exit atau sentuh tombol back berkali - kali hingga aplikasi menutup dengan benar (jika tidak terdapat menu exit). Hindarilah penggunaan tombol Home (yang berada di tengah, bagian bawah layar) karena jika anda menggunakan tombol tersebut maka perangkat akan tetap melakukan proses pada perangkat tersebut (apps tidak tertutup dan berjalan di background sehingga membuatnya menjadi lemot).

2. Jika dirasa masih lemot, coba periksa aplikasi yang masih berjalan di background karena terkadang aplikasi akan melakukan sedikit proses setelah ditutup untuk memberikan notifikasi (biasanya pada aplikasi chatting / socmed). Caranya adalah dengan masuk ke menu setting -> apps -> running (berjalan), maka akan terlihat beberapa apps yang melakukan proses di background. Untuk aplikasi chatting dan socmed hal ini wajar terjadi agar mereka dapat memberi pemberitahuan ketika ada pesan yang masuk. Anda bisa menutupnya jika tidak ingin menerima pemberitahuan untuk sementara waktu (sampai anda membuka apps itu lagi nanti). Caranya, pilih apps yang ingin ditutup lalu sentuh tombol stop atau hentikan.

Aplikasi akan kembali memberikan pemberitahuan ketika anda membukanya kembali nanti. Perlu diperhatikan bahwa anda harus hati - hati dalam menutup apps yang terdapat disana. Pastikan anda tidak menutup aplikasi sistem yang penting.

3. Jika anda tidak ingin menerima pemberitahuan apapun (biasanya saat sedang bepergian atau untuk menghemat baterai), anda bisa melakukan penutupan aplikasi dengan cara masuk ke setting -> apps -> all (semua) -> pilih aplikasi yang ingin ditutup (misalnya facebook atau apps chatting) lalu sentuh tombol force stop. Aplikasi tidak akan memberi pemberitahuan apapun termasuk jika ada pesan chat yang masuk hingga anda membukanya kembali nanti.

Nah itulah cara - Tips Mengatasi Android Tidak Lambat atau Lemot. Sangat mudah bukan? Jika anda baru menggunakan perangkat Android, mungkin beberapa artikel tentang tips dasar Android bisa berguna untuk anda dan baca juga Harga Samsung Galaxy S5 di Indonesia. Semoga bermanfaat

Tag : Android
Back To Top