Jagat Berita Teknologi Terkini

Malware Android Selfmite Menyebar Lewat SMS

Jagat Android kali ini berbagi informasi mengenai Malware Android, dimana Malware Android Selfmite disebut peneliti keamanan dari AdaptiveMobile sangat berbeda baik itu cara menyebar maupun efeknya. Seperti apa?


Selfmite bukan trojan melainkan worm. Menyebar melalui SMS atau pesan singkat yang menjebak korban dengan tautan “berbahaya”. Salah satu isi SMS yang menjebak itu berbunyi Sayang [NAMA], coba unduh Self-Time (nama aplikasi) di http://goo.gl/ ******.

Jika tautan dikunjungi, maka korban akan diminta mengunduh dan menginstall berkas APK Self-Time. Kemudian akan muncul ikon Self-Time di home screen yang bila di-tap akan memerintahkan perangkat mengirim pesan ke 20 orang dari kontak ponsel.

Kemudian, worm Selfmite akan meminta pengguna menginstall aplikasi Mobogenie. Aplikasi ini sedianya aplikasi sah dan ada di Google Play Store yang berposisi sebagai toko aplikasi alternatif.

Nah dari tiap korban yang menginstall aplikasi tersebut, maka pembuat malware akan dibayar atau menerima penghasilan. Menurut Maslennikov dari AdaptiveMobile, pembuat Selfmite menyalahgunakan layanan iklan Pay Per Install.

    “Selfmite adalah satu serangan malware yang cukup unik,” kata dia.

Untungnya peneliti menemukan worm ini sebelum menyebar viral. AdaptiveMobile telah memblokir pesan yang tersemat tautan ke jaringan konsumen mereka. Perusahaan kemanan tersebut juga telah menghubungi Google untuk menonatifkan URL dipersingkat (goo.gl) yang jadi sematan tautan link worm tersebut.

Itulah informasi mengenai Malware Android Selfmite Menyebar Lewat SMS dan jangan lupa baca juga artikel mengenai Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Y Neo & Acer Liquid Z4. Kunjungi terus blog Jagat Android untuk mengikuti update terbaru dari Harga serta spesifikasi smartphone terbaru lainnya, semoga bermanfaat

Tag : Android
Back To Top