Jagat Berita Teknologi Terkini

Cara Mengantisipasi Serangan Ransomware WannaCry


Cara Mengantisipasi Serangan Ransomware WannaCry
Cara Mengantisipasi Serangan Ransomware WannaCry kali ini admin Jagat Android informasikan untuk anda, dimana serangan malware WannaCry terus meluas dan korban juga terus berjatuhan. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pelbagai sumber, malware WannaCry ini sudah menyerang Indonesia. Lalu bagaiaman tips untuk mengantisipasi serangan malware WannaCry ini? Pakar keamanan tanah air pun angkat bicara mengenai hal ini.

“Yang membuat ransomware Wannacry menjadi “booming” adalah karena ransomware ini menyerang menggunakan zero day exploit, yang belum pernah diketahui sebelumnya. Artinya, saat pertama kali ransomware ini menyerang, sebenarnya Microsoft yang paling baru pun akan tetap terkena, karena Microsoft sendiri belum mengetahui adanya celah keamanan ini sampai dengan celah itu di publikasikan,” kata pakar keamanan siber Pratama Persadha.

Malware berjenis ransomware ganas bernama WannaCry telah menyebar di 99 negara dalam waktu dua hari saja. Nama asli malware Wannacry ini sebenarnya adalah WannaCrypt. Julukan wannacry ini muncul karena korban dibuat hampir menangis karena file-file miliknya telah dienkripsi oleh WannaCrypt dan meminta tebusan senilai $300 dalam bentuk bitcoin.

WannaCry cepat menyebar karena memanfaatkan celah yang ada di sistem operasi Windows. Belum diketahui apakah ransomware ini juga menyerang OS lain seperti Linux dan Mac OS atau tidak. Microsoft sendiri sebenarnya sudah mengantisipasi kemunculan serangan semacam Wannacry dengan merilis patch keamanan melalui Windows Update. Namun, banyaknya korban yang terinfeksi menunjukkan banyak pengguna yang malas melakukan update. Beberapa tips mengantisipasi serangan WannaCry telah disampaikan oleh Pratama.

“Tindakan preventif yang bisa dilakukan adalah selalu melakukan update serta backup data, merupakan hal yang wajib dilakukan agar terhindar dari malware, baik ransomware, virus, ataupun trojan. Update baik dari segi aplikasi, anti virus, dan OS yang digunakan.”

“Jika ditemukan komputer yang mempunyai kelemahan segera lakukan mitigasi dengan memutusan koneksi dari komputer tersebut, dan sambungkan lagi setelah dilakukan patching atau update. Juga komputer yang terkena ransomware agar dipisahkan dari jaringan, agar tidak menyebar,” tambah Pratama.

Tag : Tips Tekno
0 Komentar untuk "Cara Mengantisipasi Serangan Ransomware WannaCry"
Back To Top